Pengertian SWOT dan Analisis SWOT pada PLN

Author: aja aja ada / Label:


Analisa SWOT
adalah analisa yang sangat dikenal dalam proses pembuatan strategi bisnis. Analisa SWOT sendiri merupakan singkatan dari strenght, weakness, opportunity, dan threat.

S – Strenghts
Mencerminkan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau produk.

W - Weaknesses
Mencerminkan kelemahan yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau produk.

O - Opportunities
Mencerminkan peluang yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau produk.
Threats
Mencerminkan ancaman potensial yang dihadapi oleh suatu perusahaan atau produk.


Analisis SWOT
Sebelum memaparkan kondisi bidang-bidang di kantor induk, seluruh manajer bidang termasuk manajer region menyampaikan hasil analisis SWOT bidang atau unit yang dipimpinya. region-region telah menyampaikan kelemahan, ancaman, peluang dan kekuatan yang dimiliki dalam rangka penyusunan analisis swot.
Berdasarkan analisa SWOT, semua regio berada pada kuadran W-O yaitu mempunyai kelemahan tetapi masih banyak peluang untuk menjadi perusahaan yang maju, modern, dan mandiri. selanjutnya analisa SWOT secara korporat akan dibuat di P3b JB berdasarkan masukan tersebut diatas.
lima tahun kedepan hasilnya akan dilengkapi jadwal pelaksanaan berdasarkan analisis SWOT tersebut yang dikirimkan ke bidang perencanaan.













Pengertian Falsafah Perusahaan dan Implmentasinya pada Perusahaan PLN

Author: aja aja ada / Label:


Secara etimologi, istilah filsafat berasal dari bahasa Arab, yaitu falsafah atau juga dari bahasa Yunani yaitu philosophia. philien : cinta dan sophia : kebijaksanaan. Jadi bisa dipahami bahwa filsafat berarti cinta kebijaksanaan. Dan seorang filsuf adalah pencari kebijaksanaan, pecinta kebijaksanaan dalam arti hakikat.
Pengertian filsafat secara terminologi sangat beragam. Para filsuf merumuskan pengertian filsafat sesuai dengan kecenderungan pemikiran kefilsafatan yang dimilikinya. Seorang Plato mengatakan bahwa : Filsafat adalah pengetahuan yang berminat mencapai pengetahuan kebenaran yang asli. Sedangkan muridnya Aristoteles berpendapat kalau filsafat adalah ilmu ( pengetahuan ) yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik, dan estetika. Lain halnya dengan Al Farabi yang berpendapat bahwa filsafat adalah ilmu ( pengetahuan ) tentang alam maujud bagaimana hakikat yang sebenarnya. Berikut ini disajikan beberapa pengertian Filsafat menurut beberapa para ahli :

Plato ( 428 -348 SM ) : Filsafat tidak lain dari pengetahuan tentang segala yang ada.

Aristoteles ( (384 - 322 SM) : Bahwa kewajiban filsafat adalah menyelidiki sebab dan asas segala benda. Dengan demikian filsafat bersifat ilmu umum sekali. Tugas penyelidikan tentang sebab telah dibagi sekarang oleh filsafat dengan ilmu.

Cicero ( (106:43 SM ) : filsafat adalah sebagai ibu dari semua seni ( the mother of all the arts“ ia juga mendefinisikan filsafat sebagai ars vitae (seni kehidupan )

Johann Gotlich Fickte (1762-1814 ) : filsafat sebagai Wissenschaftslehre (ilmu dari ilmu-ilmu , yakni ilmu umum, yang jadi dasar segala ilmu. Ilmu membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.

Paul Nartorp (1854 : 1924 ) : filsafat sebagai Grunwissenschat (ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .

Imanuel Kant ( 1724 : 1804 ) : Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.




FALSAFAH PADA PT. PLN PERSERO

Pembawa keceriaan dan kegairahan dalam kehidupan masyarakat yang produktif.

falsafah perusahaan melandasi keyakinan kami, bahwa kami bukan sekedar penyedia energi listrik akan tetapi juga berkontribusi pada pengembangan masyarakat produktif dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. dan ini sekaligus memberikan pondasi yang kuat bagi kami untuk mewujudkan visi dan misi kami.

Pendapat saya :
seperti yang dapat kita lihat dari filsafat yang dimiliki oleh PLN, kita dapat mengetahui PLN ingin memberikan pelayanan yang terbaik khususnya untuk masyarakat indonesia. hal itu dapat kita lihat dari pelayanan atau jasa-jasa yang diberikan kepada kita. dengan adanya falsafah pada perusahaan. menurut saya visi dan misi perusahaan akan terlaksana dengan baik juga.








keterkaitan visi misi dan nilai-nilai perusahaan PT Bentoel Group

Author: aja aja ada / Label:


Visi, Misi, Nilai Perusahaan dan Strategi Korporasi merupakan komponen dari The Winning Formula (TWF) yang disusun berdasarkan cetak biru perusahaan yaitu Bentoel Strategic Scenario (BSS). BSS merupakan landasan dalam menyusun rencana jangka panjang, jangka menengah maupun jangka pendek supaya rencana dan pelaksanaannya dapat berjalan secara terarah dan berkesinambungan.

Visi
Menjadi perusahaan besar yang terpandang, menguntungkan dan memiliki peran dominan dalam industri rokok domestik.


Misi
Menyediakan produk-produk inovatif bermutu tinggi yang memenuhi, bahkan melebihi harapan konsumen sekaligus memberikan manfaat bagi semua Stakeholder.


Nilai-nilai Perusahaan
- Karyawan adalah aset utama perusahaan
- Profesionalisme harus dimiliki oleh setiap karyawan
- Inovasi merupakan kunci untuk meraih sukses masa depan
- Kerjasama tim adalah kekuatan kita
- Keunggulan harus menjadi budaya kerja kita

Strategi Korporasi
- Membangun kompetensi SDM
- Mendisain ulang dan mentransformasi bisnis
- Mendorong kualitas ke seluruh organisasi
- Mengembangkan portofolio produk untuk memenuhi kebutuhan pasar
- Meningkatkan perolehan keuntungan

Dalam rangka mewujudkan visi, misi dan nilai-nilai perusahaan melalui strategi perusahaan yang telah ditetapkan, setiap individu Perseroan dituntut untuk dapat melakukan perubahan pola pikir di dalam melihat bisnis Perseroan secara keseluruhan. Oleh karena itu Paradigma Bisnis Baru (New Business Paradigm) sebagai pola dasar bagi seluruh karyawan di dalam melakukan perubahan-perubahan pola pikir telah ditetapkan untuk memberikan acuan yang sama bagi seluruh karyawan.
Implementasi dari TWF dan New Business Paradigm diwujudkan menjadi The Business Success Model (BSM) yang terdiri dari 3 elemen yaitu Key Performance Targets, Strategic Indicators & Strategic
Target Initiatives, dimana ketiga elemen inilah yang dipergunakan untuk menyusun Sasaran Opersional Tahunan Perseroan yang selanjutnya diuraikan di dalam kesepakatan karya (KK) setiap karyawan Perseroan sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.


Pendapat saya :

kita tahu Bentoel Group salah satu perusahaan yang cukup terpandang di Indonesia, hal ini dapat kta lihat dari jumlah produk yang mereka keluarkan dan juga jumlah penjualan yang mereka lakukan. dari visi misi, nilai perusahaan serta strategi korporasi diatas saya berpendapat bahwa pengelolaan yang dilakukan oleh Bentoel Group sudah cukup baik. karena mereka mengutamakan kesejahteraan karyawan mereka terlebih dahulu sebagaimana yang tercantum pada nilai-nilai perusahaan pada poin pertam yaitu : "karyawan adalah aset utama kami. ya mereka mengetahui dengan pengelolaan karyawan yang baik tentunya akan berimbas pada kualitas dan mutu produk yang dihasilkan. hal itu juga didukung oleh kerja sama yang solid antara karyawan dengan pihak manajemen.

Pencitraan Dalam Perusahaan

Author: aja aja ada / Label:


Pencitraan Perusahaan

Corporate Identity merupakan pedoman keseragaman penampilan dan perilaku yang menyatukan seluruh karyawan sehingga memudahkan pelanggan mengingat nama perusahaan dan mengaitkannya dengan suatu atribut atau sifat-sifat tertentu yang disukai. Hasil dari implementasi corporate identity disebut sebagai corporate image.

Untuk membangun corporate identity, dilakukan beberapa tahapan. Diantaranya : Tahap pertama adalah mengajukan pertanyaan seandainya perusahaan kita diwujudkan dalam bentuk manusia, akan jadi seperti apakah dia? Pertanyaan ini mempermudah asosiasi dengan sekian banyak atribut kompleks dan budaya perusahaan yang ada.

Selanjutnya adalah menurunkannya menjadi spirit atau nilai-nilai dan melakukan komunikasi internal. Kita sangat sadar bahwa langkah terpenting adalah membuat karyawan internal memahami dan meyakini identitas yang telah dirumuskan.

Visi dab Misi RCTI

Author: aja aja ada / Label:


VISI

Media Utama Hiburan dan Informasi

Perkataan “utama” mengandung makna lebih dari yang “pertama” karena kata “pertama” hanya mencerminkan hierarki pada dimensi tertentu. Sedangkan kata “utama” mengandung unsur kemuliaan karena melibatkan aspek kualitas, integritas dan dedikasi.


Media utama hiburan dan informasi memiliki makna:

  1. RCTI unggul dalam hal kualitas materi dan penyajian program hiburan dan informasi.
  2. RCTI memperhatikan keseimbangan faktor bisnis dan tanggung jawab sosial atas sajian program-programnya.
  3. RCTI menjadi pilihan yang utama dari para “stakeholder” (karyawan,pemirsa,pengiklan,pemegang saham,pemasok,pesaing,perusahaan afiliasi,mitra strategis,masyarakat, dan penyelenggara Negara)

MISI


Bersama Menyediakan Layanan Prima

Interaksi kerja di perusahaan lebih mengutamakan semangat kebersamaan sebagai sebuah tim kerja yang kuat. Hal ini memungkinkan seluruh komponen perusahaan mulai dari level teratas sampai dengan level terbawah mampu bersama-sama terstimulasi,terkoordinasi dan tersistemasi memberikan karya terbaiknya demi mewujudkan pelayanan terbaik dan utama kepada “stakeholder

TIGA PILAR UTAMA

  1. Keutamaan Dalam Kebersamaan
  2. Bersatu Padu
  3. Oke

Untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan, ada 3 (tiga) nilai sebagai pilar utama yang menjadi motivasi,inspirasi dan semangat juang insan RCTI. Proses kerja dilakukan dengan semangat kebersamaan untuk sampai pada hasil yang mendapat pengakuan dari para “stake holder” atas kualitas integritas dan dedikasi yang ditampilkan.

Visi Misi Serta Nilai-nilai Perusahaan PERUM BULOG

Author: aja aja ada / Label:


1. KUALITAS
Perusahaan dengan seluruh jajaran manajemen dan pegawai sepakat untuk berorientasi pada kualitas produk dan pelayanan pada rakyat (konsumen) sesuai dengan visi dan misi.

2. INTEGRITAS
Keutuhan pribadi, manajemen dan organisasi yang mencerminkan konsistensi antara prinsip dengan perilaku.

3. TEAM WORK
Seluruh unit kerja dan karyawan bergerak fokus dan total secara terintegrasi dalam rangka pencapaian visi dan misi perusahaan.

4. INOVATIF
Kemampuan untuk berfikir dan mengembangkan nilai-nilai kreatifitas dan inovasi dalam bekerja.

5. RESPONSIF
Kemampuan perusahaan untuk mengambil keputusan dan melakukan upaya-upaya preventif maupun kuratif dalam menghadapi setiap perubahan lingkungan strategis. Pada tingkat invidivu, nilai ini direfleksikan oleh sikap awareness yang tinggi terhadap setiap kebijakan perusahaan.

VISI

Menjadi Perusahaan yang handal dalam mewujudkan Pangan yang Cukup, Aman dan Terjangkau Bagi Rakyat.

MISI

Memenuhi kebutuhan pangan pokok rakyat.


Pendapat saya :

Tidak dapat kita pungkiri bahwa perum bulog merupakan suatu badan terbesar di Indonesia, dari nilai-nilai serta visi misi diatas perum bulog ingin menjadi salah satu pilar di masyarakat pada khususnya dibagian pangan..

Visi misi, Nilai nilai serta Budaya Perusahaan PT Pupuk Sriwijaya, Palembang

Author: aja aja ada / Label:


VISI PERUSAHAAN

" Menjadi perusahaan yang kuat dan tumbuh dalam industri pupuk di tingkat Nasional maupun Regional "

MISI PERUSAHAAN

"Memproduksi, memasarkan pupuk dan produk agrobisnis dengan memperhatikan aspek mutu secara menyeluruh"

NILAI-NILAI PERUSAHAAN

1.
Menempatkan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama.
2.
Bekerja secara professional untuk menghasilkan produk dan memberikan pelayanan yang prima.
3.
Mengutamakan keselamatan dan kesehatan kerja, pelestarian lingkungan serta memberdayakan masyarakat lingkungan.




BUDAYA PERUSAHAAN

Budaya Perusahaan PT PUPUK SRIWIJAYA, PALEMBANG

1.
Disiplin
2.
Kerja Keras
3.
Kreatif

Pendapat Saya :

Dari Budaya perusahaan PT Pupuk Sriwjaya, kita dapat melihat bahwa perusahaan tersebut ingin mengelola karyawannya agar bersikap disiplin, bekerja keras, dan kreatif didalam setiap pekerjaanya. Seperti yang kita ketahui PT Pupuk Sriwijaya sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. hal ini juga tidak lepas dari pengelolaan manajemen yang baik didalam perusahaan tersebut.

Pengertian Visi dan Misi, nilai-nilai perusahaan, pencitraan, Budaya didalam suatu perusahaan..

Author: aja aja ada / Label:


Sebelum kita membahas lebih jauh terhadap visi misi, budaya, nilai-nilai, pencitraan dll dalam suatu perusahaan, alangkah lebih baik pertama-tama kita harus mengetahui pengertian-pengertian dalam poin-poin tersebut.
dalam tulisan ini saya ingin mengupas terlebih dahulu pengertian pengertiannya. semoga berguna bagi kawan-kawan sekalian.
PENGERTIAN NILAI-NILAI PERUSAHAAN

Nilai perusahaan merupakan persepsi investor, yang sering dikaitkan dengan harga saham. harga saham yang tinggi, membuat nilai perusahaan juga tinggi. "harga saham merupakan harga yang terjadi pada saat saham diperdagangkan di pasar (Fakhruddin & Hadianto, 2001). Nilai perusahaan lazim diindikasikan dengan price to book value yang tinggi akan membuat pasar percaya atas prospek perusahaan ke depan. Hal itu juga yang menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab nilai perusahaan yang tinggi mengindikasikan kemakmuran pemegang saham juga tinggi (Soliha & Taswan, 2002).

PENGERTIAN BUDAYA PERUSAHAAN

Menurut Drs.Triguno,DIPL,EC.LLM. (2000:3) “
Suatu falsafah yang didasari oleh pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan kekuatan pendorong, membudaya dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat/organisasi, kemudian tercermin dari sikap menjadi prilaku.


Menurut Robbins (dalam Djokosantoso :2003) mendefinisikan bahwa :

“Budaya perusahaan adalah suatu sistem nilai-nilai yang dirasakan maknanya oleh seluruh orang dalam organisasi. Selain dipahami, seluruh jajaran meyakini sistem-sistem nilai tersebut sebagai landasan gerak organisasi”.


PENGERTIAN VISI DAN MISI

V I S I

Visi adalah sebuah kata yang berasal dari kata Inggris yang berarti pandangan dan hal ini sangat berkaitan dengan suatu rencana yang akan disusun untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang sifatnya umum. Didalam perjalanannya kata VISI sering digunakan juga untuk hal hal yang sifatnya khusus bahkan hampir setiap kegiatan baik itu yang sifatnya kegiatan amal, kegiatan pendidikan ataupun kegiatan komersial selalu menggunakan kata VISI dalam membuat rencana atau program kerja mereka. Namun demikian kata VISI tetap pada arti yang aslinya yaitu suatu pandangan kedepan yang akan menjadi sasaran ataupun tujuan akhir dari suatu kegiatan
Jadi sebuah VISI adalah suatu pandangan yang sifatnya sangat umum tetapi mengandung suatu arti yang cukup dalam sehingga didalam membuat suatu uraian mengenai VISI harus benar benar dipikirkan artinya yang lebih filosofis tetapi terungkap dalam kata yang sederhana.

MISI

Misi mempunyai arti yang sangat berlainan dengan kata VISI karena didalam kata misi terkandung suatu pesan kemanusiaan yang tinggi dan juga terkandung suatu aktivitas yang mengarah kepada suatu tujuan dari aktivitas tersebut dalam kaitan dengan kemanusiaan.
Didalam kesehariannya kata MISI sering disatukan dengan kata VISI dan hal ini seolah olah telah menjadi suatu acuan umum bagi setiap kegiatan yang akan dilaksanakan dan sepertinya dua kata ini sudah saling dijodohkan satu sama lain, sehingga apabila hanya terdapat satu kata saja akan terasa tidak pas.
Sebenarnya hal ini terlalu diada adakan karena tidak selalu setiap pekerjaan mengandung suatu VISI ataupun mengandung suatu MISI dan tidak selalu setiap kegiatan harus dibuat VISI ataupun MISI nya karena setiap apapun yang kita lakukan seringkali secara otomatis sudah mengandung kedua unsur tadi tanpa harus ditulis secara khusus.
PENGERTIAN FALSAFAH PERUSAHAAN

Falsafah ialah satu disiplin ilmiah yang mengusahakan kebenaran yang bersifat umum dan mendasar. Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani Φιλοσοφία philosophia, yang berarti love of wisdom atau mencintai kebenaran. Empat hal yang melahirkan filsafat yaitu ketakjuban, ketidakpuasan, hasrat bertanya dan ke-raguan. Ketakjuban terhadap segala sesuatu (terlihat/tidak) dan dapat diamati (de-ngan mata dan akal budi) serta ketidakpuasan akan penjelasan berdasarkan mitos membuat manusia mencari penjelasan yang lebih meyakinkan dan berpikir rasio-nal. Hasrat bertanya membuat manusia terus mempertanyakan segalanya, tentang wujud sesuatu serta dasar dan hakikatnya. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk memperoleh penjelasan yang lebih pasti menunjukkan adanya keraguan (ketidakpastian) dan kebingungan pada manusia yang bertanya.

PENCITRAAN PERUSAHAAN

Pengertian Pencitraan didalam suatu perusahaan tidak jauh berbeda dengan nilai-nilai dalam perusahaan yaitu perusahaan akan baik atau dapat dipercaya oleh investor apabila perusahaan dapat me-manage perusahaannya dengan baik. apabila keadaan didalam perusahaan baik maka bukan tidak mungkin para investor akan percaya dengan perusahaan tersebut.



Pendapat saya :

Menurut saya, poin - poin pada perusahaan diatas saling berkaitan satu sama lain. karena dengan adanya keadaan yang kondusif didalam suatu perusahaan, perusahaan tersebut dimata para investor pasti akan baik, sehingga para investor percaya untuk menanamkan asetnya didalam perusahaan tersebut.



mau kerja dimana setelah lulus kuliah ? dan tips mengatasi stres saat nganggur..

Author: aja aja ada / Label:








Lulus kuliah ?
ijazah sudah ditangan, masa depan sudah menanti..

ya pastinya pikiran itu yang akan terbenak dalam pikiran para mahasiswa mahasiswi yang sebentar lagi akan lulus kuliah.. tentu tidak mudah bagi kita mendapatkan sesuatu yang kita idam-idamkan, tetapi harus dengan usaha dan doa.

banyak para mantan mahasiswa/i yang masih bertanya-tanya, setelah lulus saya akan bekerja dmn? apa lingkungan kerja saya baik? apa pekerjaan saya akan menjanjikan. berbagai macam jenis mahasiswa/i pasti akan terpikirkan pertanyan-pertanyaan tersebut di benak mereka.
mencari pekerjaan memang sangat sulit, harus kita barengi dengan doa dan usaha.

berikut ini saya ingin tuliskan tips-tips mencari pekerjaan yang baik dan juga tips-tips mengatasi stress di saat kita dalam masa pengangguran atau dalam masa pemanggilan kerja.

tips mencari kerja :
- sebaiknya carilah kerja sesuai dengan bidang yang anda kuasai.
- Perhatikan bakat, minat, dan kemampuan anda dalam memilih beberapa pilihan tersebut; jangan ikut-ikutan teman. Masing-masing pilihan punya konsekwensi masa depan yang berbeda.
-carilah pekerjaan yang mempunyai prospek bagus kedepannya, sehingga anda tidak sia-sia menjalani pekerjaan anda.
- pekerjaan yang mendukung anda untuk menuntut ilmu atau mendukung education anda sebaiknya anda utamakan.

sebelum kita mendapat pekerjaan tentunya kita akan mengalami masa proses atau transisi atau yang lebih kita kenal "Pengangguran". ya masa masa sulit tersebut pasti akan kita tempuh sebelum kita mendapatkan pekerjaan yang cocok sesuai dengan keinginan kita.
tetap banyak rekan-rekan mahasiswa yang mulai stress, jenuh, depresi menghadapi masa pengangguran yang cukup lama. ya, hal itu dapat dimaklumi, karena beban internal dan beban eksternal datang dari mana-mana. serperti contohnya tuntutan dari orang tua agar kita bisa secepatnya dapat hidup mapan, dari kita melihat teman-teman kita yang sudah mendapatkan pekerjaan yang layak, ejekan dari lingkungan sekitar tekanan-tekanan lain.

berikut ini adalah sejumlah langkah yang dapat dilakukan untuk saling menguatkan diri di masa-masa sulit tersebut:

1. Diskusikan
Diskusikan bersama keluarga bagaimana strategi Anda dalam mencari pekerjaan dan langkah apa yang telah atau akan diambil dalam watu dekat. Komunikasi menjadi sangat penting dalam keluarga, terutama dalam momen-momen kritis dan penuh tekanan saat kebanyakan orang justru terpuruk jika mengalaminya.

2. Empati
Meskipun hanya salah satu penopang finansial keluarga yang kehilangan pekerjaan, seluruh anggota keluarga akan merasakan dampaknya. Semua orang membutuhkan dukungan dan pengertian. Jika Anda memiliki anak, dengarkan kekhawatiran mereka dan ingatlah bahwa mereka masih cenderung mementingkan diri sendiri.

3. Optimisme
Jadilah panutan yang bagi keluarga dalam menghadapi krisis dan perubahan. Anak-anak Anda juga akan mengalami masa-masa mencari pekerjaan suatu saat nanti, dan akan mengingat bagaimana sikap Anda dalam menghadapinya. Mereka belajar dari tingkah laku Anda, jadi pastikan untuk memberikan contoh yang baik.

4. Kooperatif
Biarkan keluarga mengetahui bahwa Anda mengharapkan kerja sama untuk melewati semua tantangan di depan. Jika Anda bekerja sama dalam menemukan solusi menghadapi masalah-masalah yang muncul, semua orang akan merasa turut berperan dalam mengatasi persoalan.

5. Kontrol emosi
Hadapi stress yang menekan Anda secara positif. Emosi itu menular. Jika Anda marah-marah dan mengamuk di rumah, anggota keluarga lain akan merasakan ketegangan yang sama, dan menjadi lebih mudah marah dan sedih seperti Anda.

6. Percaya diri
Jika Anda memiliki rasa percaya diri yang kuat, keluarga juga akan merasa lebih yakin bahwa Anda mampu dan akan mendapatkan pekerjaan yang layak.

7. Manajemen konflik
Terima kenyataan bahwa akan ada perbedaan pendapat dan upaya untuk mengatasinya. Akan lebih mudah menanggulangi konflik apabila langsung dihadapi begitu muncul ke permukaan, dibandingkan jika membiarkan masalah itu mengendap dan berlarut-larut. Menghadapi perbedaan pendapat secara terbuka bisa membantu setiap orang menyusuri jaluryang tepat.

8. Beradaptasi
Selama masa-masa sulit, merupakan hal yang normal untuk kembali melakukan sesuatu menurut cara lama yang aman dan nyaman. Tapi, ada kalanya Anda perlu melirik ide-ide dan strategi baru yang patut dicoba. Dorong satu sama lain untuk fleksibel terharap perubahan dan segala kemungkinan.

Virtual Market dan seluk beluk didalamnya

Author: aja aja ada / Label:


Di era globalisasi yang kian gencar di beberpa tahun belakangan ini, tentunya kehidupan yang praktis dan simpel biasanya lebih diminati oleh para masyarakat yang kesehariannya sangat padat dengan rutinitas dan aktivitasnya sehari-hari. saya ambil contoh dalam usaha perdagangan dan juga disertai dengan perkembangan kecanggihan tekhnologi. pada era sekarang alat-alat tekhnologi terus berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan keperluannya. dalam bisnis perdagangan pada umumnya dan transaksi jual beli pada khususnya. masyarakat yang modern dan mengikuti perkembagan zaman lebih menggemari transaksi yang bersifat cepat, simpel dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu. celah itu langsung ditanggapi oleh para pengusaha-pengusaha dan para pecandu perkembangan tekhnologi. sering kita kenal pada masa sekarang ini istilah E-commerce atau perdagangan di Internet atau istilah anak muda yaitu virtual market.
cara bisnis ini sangat digemari tentunya mempunyai kelebihan tersendiri yaitu :

- hemat waktu
- cepat
- murah

dengan kelebihan tersebut tentunya para konsumen sangat menggemarinya,
tetapi dibalik kelebihan dari virtual market tersebut kita harus mengetahui kelemahan dan seluk beluk didalam dunia cyber tersebut. tidak sedikit para penggemar virtual market yang mengalami penipuan , kejahatan, kecurangan dan lain sebagainya.

pertama-tama saya ingin membahas kelemahan dari virtual market tersebut :

- rentan dengan penipuan
- barang yang dibeli sering tidak cocok dengan kehendak konsumen
- tidak semua kalangan bisa mengakses internet, dlsb.,


Data di bawah ini ada ringkasan dari the Us Federal trade Commision Of The Most Common Crime on The Internet.

1. Pelelangan Internet: Toko di dalam sebuah “Virtual marketplace” yang menawarkan banyak banyak produk pilihan dengan perjanjian yang bagus. Setelah mengirim uang mereka, para konsumen mendapat barang yang tidak sesuai dengan barang yang dijanjikan atau barang yang jelek atau tidak semua dikirimkan.

2. Pelayanan Dengan Akses Internet: Uang gratis, mudah mencairkan cek. Para konsumen yang terjebak dengan perjanjian kontrak dari akses internet atau layanan web lainnya, para konsumen harus membayar denda jika membatalkan perjanjiannya.

3. Penipuan Kartu Kredit. Surfing di Internet dan melihat adult images online yang gratis, hanya memperlihatkan kartu kredit anda untuk meyakinkan bahwa umur anda di atas 18 tahun. Promotor yang curang menggunakan nomor kartu kredit mereka untuk menaikkan tagihan kartu kreditnya.

4. International Modem Dialing. Mendapatkan akses gratis untuk adult material dan pornografi dengan mendownload sebuah “viewer” atau “dialer” program komputer. Para konsumen komplain karena banyak sambungan jarak jauh di dalam tagihan telepon mereka. Dengan menggunakan sebuah program, modem mereka terputus hubungannya lalu tersambung lagi ke internet memakai nomor sambungan jarak jauh internasional.

5. Kejahatan Web. Mendapatkan custom designed website gratis untuk masa trial 30 hari dengan tidak ada obligasi untuk melanjutkan. Para konsumen mendapat surat hutang di dalam tagihan telepon mereka walaupun mereka tidak pernah mengambil penawaran ataupun menyetujui perpanjangan layanan sesudah masa trial.

6. Multilevel Marketing Plans /Pyramids. Mendapatkan uang dengan cara menjual produk atau layanan kepada orang yang anda ajak bergabung dalam program ini. Para konsumen mengaku mereka membelinya melalui program itu, tetapi para konsumen itu sebenarnya adalah distributor lain, bukan masyarakt publik.

7. Travel dan Liburan: Mendapatkan sebuah perjalan mewah dengan banyak diskon pada biaya perjalanan. Perusahaan mengirinkan akomodasi dengan kualitas rendah dan pelaynan yang tidak sesuai dengan iklan, tidak mendapatkan seluruh perjalanan. Pembebanan tagihan tersembunyi lainnya atau persyaratan tambahan saat konsumen membayar.

8. Kesempatan bisnis: Bergabung dengan janji potensi pendapatan, banyak konsumen telah menginvestasikan dengan modal kecil dan keluar menjadi berlipat ganda. Tidak ada bukti untuk mengembalikan tuntutan pendapatan.

9. Penanaman Saham: Menanam saham pada sebuah system perdagangan dan anda akan mendapatkan kembali saham anda dengan jumlah yang banyak. Tetapi keuntungan yang besar selalu berarti risiko yang besar. Para konsumen telah kehilangan uang untuk program yang mereka ikuti dengan kemampuan prediksi pasar dengan 100 % ketepatan.

10. Produk /pelayan Kesehatan: Mengklaim sebuah produk “ajaib” dan dengan janji yang meyakinkan para konsumen bahwa masalah kesehatan mereka dapat disembuhkan. Tetapi dengan penyakit kronis yang menaruh harapan mereka pada tawaran ini, penyembuhan yang mereka butuhkan mungkin tertunda.

beberapa contoh modus kejahatan diatas sebenarnya dapat kita bendung dengan cara memilih virtual market yang terjamin.

berikut ini tips memilih dan belanja melalui internet yang baik :

Situs yang terbukti keamanannya

Situs bisa disebut aman jika memanfaatkan teknologi enkripsi untuk mentransfer informasi dari komputer pengguna ke komputer penjual. Dengan enkripsi, informasi penting seperti nomor kartu kredit bisa diamankan dengan kode tertentu untuk mencegah pencurian. Indikasi situs yang aman, salah satunya, adalah alamat “https:/”. Jika ada “s” berarti situs tersebut bisa dikategorikan cukup aman. Biasanya tanda “s” ini tak akan muncul sampai Anda mengakses halaman order barang dalam situs.

Selidiki reputasi situs.

Situs e-commerce yang terpercaya setidaknya menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pelayanan konsumen atau untuk memesan barang. Cari tahu juga bagaimana reputasi perusahaan dalam melayani konsumennya. Anda, misalnya, bisa mencarinya lewat Google. Jika kebetulan Anda baru pertama kali membeli lewat situs, pesan barang yang murah terlebih dahulu untuk melihat apakah situs tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Kebijakan privasi dan keamanan situs

Setiap situs e-commerce yang terpercaya mempunyai informasi tentang bagaimana sebuah transaksi perdagangan akan diproses dalam kebijakan privasi dan keamanannya. Perhatikan dengan saksama informasi ini agar Anda tidak dirugikan. Meski demikian, tak bisa dijamin kebijakan ini selalu diberlakukan dengan baik. Karena itu, selalu berhati-hatilah dalam bertransaksi.

Transaksi teraman

Pilihlah cara transaksi yang aman. Direkomendasikan untuk memakai kartu kredit saja daripada model-model transaksi lainnya.

Hanya data yang diperlukan

Ketika Anda hendak memesan barang, ada beberapa informasi pribadi yang harus Anda sertakan seperti nama dan alamat Anda. Seringkali Anda diminta memberikan informasi pribadi lainnya, misalnya pendapatan bulanan. Anda harus tahu apa relevansi atau keterkaitan antara barang pesanan Anda dan pendapatn bulanan. Jika tidak ada relevansinya, jangan berikan informasi itu. Bisa jadi informasi itu disalahgunakan. Karena itu, Anda hanya perlu menulis data yang diperlukan saja dalam proses transaksi itu. Ingat, selalu terjadi pencurian data pribadi lewat internet.

Password

Beberapa situs mengharuskan pengguna melakukan login sebelum memesan barang. Karena itu, jaga baik-baik kerahasiaan kata sandi Anda. Lebih baik Anda menggunakan password yang sukar diidentifikasi. Supaya informasi Anda tidak bocor atau tidak diketahui orang lain, Anda sebaiknya bertransaksi melalui komputer umum seperti di warnet atau sebagainya.

Print pesanan

Mengingat besarnya kemungkinan adanya penipuan dan penyalahgunaan informasi, Anda dianjurkan untuk mengeprint halaman situs yang mengkonfirmasi seluruh hal mengenai pesanan Anda seperti harga barang, informasi produk atau nomor pesanan dan Kebijakan Keamanan Perusahaan untuk berjaga-jaga.

Pengiriman

Biasanya, barang Anda dijanjikan akan datang dalam waktu tertentu. Perhatikan informasi bagaimana cara perusahaan menangani kendala jarak atau masalah pembayaran dan pengantaran barang. Perhatikan pula apakah barang Anda digaransi atau bisa dikembalikan jika terdapat cacat atau tidak. Jika ada hal-hal yang mencurigakan atau tidak masuk akal, Anda bisa beralih ke situs e-commerce yang lain.

oleh karena itu para konsumen sebaiknya mengetahui seluk beluk perdagangan di internet sebelum berkecimpung lebih jauh ke dalamnya..

semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua.