Pengertian Etika

Author: aja aja ada /

Pendapat para ahli mengenai Etika :

Aristoteles :
Sesuatu yang dinilai baik jika tujuannya mengarah pada pencapaian kebahagiaan dan dinilai buruk jika tidak diarahkan pada kebahagiaan. tujuan tertinggi hidup manusia adalah kebahagiaan (eudaimonia). Kebahagiaan adalah suatu keadaan dimana segala sesuatu yang termasuik dalam keadaan bahagia telah berada dalam diri manusia. Jadi, bukan sebagai kebahagiaan yang subjektif. Kebahagiaan harus sebagai suatu aktivitas yang nyata, dan dengan perbuatannya itu dirinya semakin disempurnakan. Kebahagiaan manusia tertinggi adalah berpikir murni.

Pendapat saya : saya sangat setuju dengan pendapat Aristoteles, karena setiap manusia akan memperoleh kebahagiaan apabila mereka memiliki etika yang baik. sehingga bisa dibilang etika sangat berpengaruh atau merupakan proses menuju kebahagiaan.

Drs. H. Burhanudin Salam : etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.

Pendapat saya : perilaku manusia dapat dilihat dari tata cara kita menempatkan nilai dan norma moral pada lingkungan disekeliling kita. sehingga pendapat Drs. H. Burhanudin Salam sangat tepat sekali.

Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.

Pendapat saya : pendapat tersebut cukup dapat dimengerti karena akal manusia atau perilaku manusia dapat dipandang dari segi baik dan buruk. sehingga etika merupakan tata cara untuk mengetahui apakah orang tersebut dapat dikatakan baik atau tidak.

Drs. O.P. SIMORANGKIR : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.

Pendapat saya : saya sangat setuju dengan pendapat tersebut karena pandangan manusia sangat bereratan sekali dengan etika.

0 komentar:

Posting Komentar