Pengertian Visi dan Misi, nilai-nilai perusahaan, pencitraan, Budaya didalam suatu perusahaan..

Author: aja aja ada / Label:


Sebelum kita membahas lebih jauh terhadap visi misi, budaya, nilai-nilai, pencitraan dll dalam suatu perusahaan, alangkah lebih baik pertama-tama kita harus mengetahui pengertian-pengertian dalam poin-poin tersebut.
dalam tulisan ini saya ingin mengupas terlebih dahulu pengertian pengertiannya. semoga berguna bagi kawan-kawan sekalian.
PENGERTIAN NILAI-NILAI PERUSAHAAN

Nilai perusahaan merupakan persepsi investor, yang sering dikaitkan dengan harga saham. harga saham yang tinggi, membuat nilai perusahaan juga tinggi. "harga saham merupakan harga yang terjadi pada saat saham diperdagangkan di pasar (Fakhruddin & Hadianto, 2001). Nilai perusahaan lazim diindikasikan dengan price to book value yang tinggi akan membuat pasar percaya atas prospek perusahaan ke depan. Hal itu juga yang menjadi keinginan para pemilik perusahaan, sebab nilai perusahaan yang tinggi mengindikasikan kemakmuran pemegang saham juga tinggi (Soliha & Taswan, 2002).

PENGERTIAN BUDAYA PERUSAHAAN

Menurut Drs.Triguno,DIPL,EC.LLM. (2000:3) “
Suatu falsafah yang didasari oleh pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan kekuatan pendorong, membudaya dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat/organisasi, kemudian tercermin dari sikap menjadi prilaku.


Menurut Robbins (dalam Djokosantoso :2003) mendefinisikan bahwa :

“Budaya perusahaan adalah suatu sistem nilai-nilai yang dirasakan maknanya oleh seluruh orang dalam organisasi. Selain dipahami, seluruh jajaran meyakini sistem-sistem nilai tersebut sebagai landasan gerak organisasi”.


PENGERTIAN VISI DAN MISI

V I S I

Visi adalah sebuah kata yang berasal dari kata Inggris yang berarti pandangan dan hal ini sangat berkaitan dengan suatu rencana yang akan disusun untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang sifatnya umum. Didalam perjalanannya kata VISI sering digunakan juga untuk hal hal yang sifatnya khusus bahkan hampir setiap kegiatan baik itu yang sifatnya kegiatan amal, kegiatan pendidikan ataupun kegiatan komersial selalu menggunakan kata VISI dalam membuat rencana atau program kerja mereka. Namun demikian kata VISI tetap pada arti yang aslinya yaitu suatu pandangan kedepan yang akan menjadi sasaran ataupun tujuan akhir dari suatu kegiatan
Jadi sebuah VISI adalah suatu pandangan yang sifatnya sangat umum tetapi mengandung suatu arti yang cukup dalam sehingga didalam membuat suatu uraian mengenai VISI harus benar benar dipikirkan artinya yang lebih filosofis tetapi terungkap dalam kata yang sederhana.

MISI

Misi mempunyai arti yang sangat berlainan dengan kata VISI karena didalam kata misi terkandung suatu pesan kemanusiaan yang tinggi dan juga terkandung suatu aktivitas yang mengarah kepada suatu tujuan dari aktivitas tersebut dalam kaitan dengan kemanusiaan.
Didalam kesehariannya kata MISI sering disatukan dengan kata VISI dan hal ini seolah olah telah menjadi suatu acuan umum bagi setiap kegiatan yang akan dilaksanakan dan sepertinya dua kata ini sudah saling dijodohkan satu sama lain, sehingga apabila hanya terdapat satu kata saja akan terasa tidak pas.
Sebenarnya hal ini terlalu diada adakan karena tidak selalu setiap pekerjaan mengandung suatu VISI ataupun mengandung suatu MISI dan tidak selalu setiap kegiatan harus dibuat VISI ataupun MISI nya karena setiap apapun yang kita lakukan seringkali secara otomatis sudah mengandung kedua unsur tadi tanpa harus ditulis secara khusus.
PENGERTIAN FALSAFAH PERUSAHAAN

Falsafah ialah satu disiplin ilmiah yang mengusahakan kebenaran yang bersifat umum dan mendasar. Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani Φιλοσοφία philosophia, yang berarti love of wisdom atau mencintai kebenaran. Empat hal yang melahirkan filsafat yaitu ketakjuban, ketidakpuasan, hasrat bertanya dan ke-raguan. Ketakjuban terhadap segala sesuatu (terlihat/tidak) dan dapat diamati (de-ngan mata dan akal budi) serta ketidakpuasan akan penjelasan berdasarkan mitos membuat manusia mencari penjelasan yang lebih meyakinkan dan berpikir rasio-nal. Hasrat bertanya membuat manusia terus mempertanyakan segalanya, tentang wujud sesuatu serta dasar dan hakikatnya. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan untuk memperoleh penjelasan yang lebih pasti menunjukkan adanya keraguan (ketidakpastian) dan kebingungan pada manusia yang bertanya.

PENCITRAAN PERUSAHAAN

Pengertian Pencitraan didalam suatu perusahaan tidak jauh berbeda dengan nilai-nilai dalam perusahaan yaitu perusahaan akan baik atau dapat dipercaya oleh investor apabila perusahaan dapat me-manage perusahaannya dengan baik. apabila keadaan didalam perusahaan baik maka bukan tidak mungkin para investor akan percaya dengan perusahaan tersebut.



Pendapat saya :

Menurut saya, poin - poin pada perusahaan diatas saling berkaitan satu sama lain. karena dengan adanya keadaan yang kondusif didalam suatu perusahaan, perusahaan tersebut dimata para investor pasti akan baik, sehingga para investor percaya untuk menanamkan asetnya didalam perusahaan tersebut.



0 komentar:

Posting Komentar